Kultum Ramadhan : Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran Di Bulan Ramadhan


Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak berkahnya. Setiap muslim pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran.  Hal ini tidak lain, karena pada bulan inilah Al-Qur’an diturunkan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)


Di bulan puasa, membaca al-Qur’an menjadi amalan/ibadah yang sangat dianjurkan untuk ditingkatkan, selain ibadah-ibadah yang lain, tentunya.

Hal ini juga diteladankan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614)

Nampaknya, spirit ini pula yang menjadi pemicu para ulama mengonsentrasikan diri mereka untuk membaca al-Qur’an pada bulan nan penuh kemuliaan ini. Bahkan ada di antara mereka ‘rela’ meliburkan taklim demi lebih bisa memperbanyak bacaan al-Qur’an.

Mereka selalu membaca Al-Qur’an baik di dalam shalat maupun di luar shalat.

Karena begitu intensnya mereka membaca al-Qur’an, maka didapati;  di antara ulama Salafus Shalih mampu mengkhatamkan Al-Qur’an dalam shalat Tarawih setiap tiga malam sekali. Sebagian lain setiap tujuh malam sekali. Sementara sebagian lainnya lagi mengkhatamkannya setiap sepuluh malam sekali.

Misal; Utsman bin Affan mengkhatamkan Al-Qur’an setiap hari pada bulan Ramadhan, Imam Asy-Syafi’i dapat mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak enam puluh kali di luar shalat dalam bulan Ramadhan.

Sementara Al-Aswad mengkhatamkannya setiap dua hari sekali. Adapun Qatadah selalu mengkhatamkannya setiap tujuh hari sekali di luar Ramadhan, sedangkan pada bulan Ramadhan beliau mengkhatamkannya setiap tiga hari sekali. Dan pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan beliau mengkhatamkannya setiap malam.

Pada bulan Ramadhan Imam Az-Zuhri menutup majelis-majelis hadits dan majlis-majlis ilmu yang biasa diisinya. Beliau mengkhususkan diri membaca Al-Qur’an dari mushhaf. Demikian pula Imam Ats-Tsauri, beliau meninggalkan ibadah-ibadah lain dan mengkhususkan diri untuk membaca Al-Qur’an.

Siapa pun tentu sepakat bahwa nama-nama ulama tersebut di atas adalah mereka fakih, alim, lagi sangat rajin ibadah di keseharian mereka. Namun lihatlah, betapa berlipatnya semangat ibadah mereka dalam bulan Ramadhan, terutama membaca al-Qur’an.

Dengan demikian, kita, yang kualitas keilmuuan dan ibadahnya jauh dari mereka, berusaha sedemikian rupa dalam bertaqorrub kepada Allah. Bermesra-mesralah sesering mungkin  dengan al-Qur’an.

Canangkan berapa kali hatam yang akan diwujudkan pada Ramadhan tahun ini? 3 kalikah? 5, 6, bahkan mungkin sampai puluhan kali.

Rencanakan dan berusahalah untuk mewujudkannya. Bukankah gagal merencanakan berarti telah merencanakan kegagalan?

Dan sungguh bila kita mampu merealisakan program-program baca al-Qur’an telah kita rancang, maka peluang untuk memperboleh kebaikan nan berlipat ganda dari ibadah al-Qur’an akan sangat berlimpah ruah.

Sedangkan keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Begitu juga Sabda beliau,

مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)

Akan tetapi hal ini bukan kewajiban, agar supaya bersegera dan tidak membaca secara perlahan-lahan. Ia tidak mencari kekhusyu’an dan tuma’ninah. Bahkan mencari hal ini (khusyu’ dan tuma’ninah) lebih utama daripada perhatian terhadap mengkhatamkan” (Majmu’ Fatawa bin Baz 15/324, Asy Syamilah)

Dan mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan bukanlah kewajiban akan tetapi kita diminta memperbanyak bacaan AL Qur'an, syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ختم القرآن في رمضان للصائم ليس بأمر واجب ، ولكن ينبغي للإنسان في رمضان أن يكثر من قراءة القرآن


“Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516)

diambil dari hidayatullah.com dng sedikit tambahan

IKADI KEC NGUTER KAB SUKOHARJO
☘Sekretariat : Jl Raya Solo Wng Km 22 Sukoharjo
☘Butuh Khatib Dai Wilayah Nguter Sukoharjo 📞 081-2261-7316

Gabung channel telegram.me/ikadi_nguter
💈webinfo : www.ceramahsingkat.com
💈IG : @ikadi_nguter
💈Telegram : @ikadi_nguter
💈Fb.: Tausiyah Singkat
Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kec. Nguter Kab. Sukoharjo
Menebar Islam Rahmatan Lil 'Alamin



Toko Busana Keluarga Muslim
GRIYA HILFAAZ 
Toko Busana Keluarga Muslim

dalil tentang turunnya al quran
ayat tentang turunnya al quran di bulan ramadhan
hadits turunnya al quran
ayat tentang nuzulul qur an
dalil al qur'an diturunkan kepada nabi muhammad
membaca alquran di bulan ramadhan disebut
peringatan turunnya al quran sering disebut dengan
al quran diturunkan dengan 7 huruf
bulan ramadhan 2017
pengertian bulan ramadhan
keistimewaan bulan ramadhan
artikel bulan ramadhan
ucapan ramadhan
puasa ramadhan dan hikmahnya
ramadhan maher zain
bulan ramadhan 2016
khutbah jumat tentang keutamaan membaca alquran
khutbah singkat tentang al quran
khutbah jumat membela al quran
khutbah jumat membela alquran
khutbah jumat singkat tentang al quran
materi khutbah jumat terbaik
khutbah jumat mencintai al quran
khutbah jumat yang mengharukan
pahala membaca al quran tanpa berwudhu
pahala membaca al quran dilipatgandakan sebanyak
keutamaan membaca alquran di rumah
keutamaan membaca alquran setelah shalat
pahala membaca al qur an terbata bata
keutamaan membaca al quran beserta dalilnya
membaca al quran merdu
pahala membaca al quran di bulan ramadhan


EmoticonEmoticon