Sholat Shubuh Berjamaa’ah dan Kebangkitan Umat Islam






 Sholat Shubuh Berjamaa’ah dan Kebangkitan Umat Islam

Team : IKADI Kec. Nguter Kab. Sukoharjo


Khutbah Pertama:

إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bertakwa kepada-Nya dan menjanjikan berbagai keutamaan bagi siapa saja yang menjalankannya. Saya bersaksi bahwasanya tidak ada yang diibadahi dengan benar selain Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya, serta seluruh kaum muslimin yang senantiasa mengikuti petunjuknya.


Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Allah SWT berfirman,
أَقِمِ الصَّلاَةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا
Dirikanlah salat dari sesudah mata hari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh Malaikat). (Al-Israa’ : 78)

Pada minggu ini, dibeberapa masjid di Indonesia mengadakan sholat shubuh berjamaah. Gerakan ini di inisiasi oleh para ulama besar di Indonesia. GNPF-MUI mencatat lebih dari 200 masjid besar yang mengadakan sholat shubuh berjamaah. Belum masjid masjid kampung yang tidak tercatat oleh mereka seperti di beberapa desa di Sukoharjo dan kabupaten lain.
Hal ini patut kita syukuri, sudah mulai banyak masyarakat muslim yang mulai sadar akan pentingnya waktu shubuh dan pentingnya sholat shubuh berjama'ah.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh?? Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya. Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.???

Allah bersumpah dalam Al Fajr : “Demi fajar (waktu Subuh)”. Kemudian dalam Al Falaq Allah mengingatkan: “Katakanlah! aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh”
Bencana umat terdahulu dan umat sekarang sering terjadi di waktu shubuh. Adzab Bani Rasib (Kaum Nabi Nuh as), adzab Kaum ‘Aad (Kaum Nabi Hud as), adzab Kaum Tsamud (Kaum Nabi Sholih as), tsunami Aceh dan gempa Yogyakarta terjadi di sekitar waktu shubuh.

Lihatlah, kapan kehancuran kaum Luth? Allah membinasakan mereka di waktu Subuh. Allah berfirman,

إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ
“…Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu Subuh. Bukankah Subuh itu sudah dekat?” (QS. Hud: 81).

Ma’asyiral muslimiin… Rahimakumullah…
Ada begitu banyak keutamaan atau pahala yang besar dari shalat subuh secara berjamaah.

Nabi saw bersabda,
إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَصَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا
Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Di antara keutamaan shalat subuh berjamaah adalah:

Pertama: Orang yang shalat subuh secara berjamaah, maka dirinya akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah . Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ
Barangsiapa yang shalat subuh (secara berjamaah), maka dia akan mendapat jaminan perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, (HR. Muslim: 163)

Kedua: Shalat subuh secara berjamaah adalah penghalang masuk neraka. Rasulullah bersabda:

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا
Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh secara berjamaah) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar secara berjamaah), (HR. Muslim: 634)

Ketiga: Shalat subuh secara berjamaah adalah penyebab dimasukkannya kita ke dalam surga. Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة
Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar secara berjamaah) maka dia akan masuk surga, (HR. Bukhari: 574 dan Muslim: 635)

Dan yang terakhir yang keempat, dan inilah nikmat terbesar bagi mereka penduduk surga, bahwa orang yang senantiasa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah akan diberi nikmat berupa melihat Allah.

Dari Jarir bin Abdillah  radhiallahuanhu dia berkata: Kami pernah duduk bersama Nabi . Saat itu beliau memandang ke arah bulan ketika purnama lalu bersabda:

أَمَا إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا الْقَمَرَ لَا تُضَامُّونَ فِي رُؤْيَتِهِ فَإِنْ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لَا تُغْلَبُوا عَلَى صَلَاةٍ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا يَعْنِي الْعَصْرَ وَالْفَجْرَ ثُمَّ قَرَأَ جَرِيرٌ

Sesungguhnya kalian akan memandang Rabb kalian sebagaimana kalian memandang bulan ini. Kalian tidak berdesakan ketika memandang Allah. Jika kalian mampu, untuk tidak melewatkan shalat sebelum terbitnya matahari dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (shalat Ashar dan Subuh), lakukanlah! (HR. Bukhori: 554, Muslim: 633)
 
Inilah ganjaran, pahala dan keutamaan shalat subuh secara berjamaah, mulai dari mendapat jaminan perlindungan dari Allah , dijauhkan dari neraka, dan dimasukkan ke dalam Surga. Dan di dalam surga sendiri, dia akan diberi nikmat terbesar melebihi kenikmatan surga yang lainnya, yaitu nikmat melihat Allah tanpa halangan sama sekali.

Inilah nikmat terbesar untuk siapa saja dari kita yang bisa melazimi shalat subuh secara berjamaah. Semoga kita yang mendapatkannya

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Kedua:
أَحْمَدُ رَبِّي وَأَشْكُرُهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ نَبِيَنَا مُحَمَّدٌ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ:

Maasyiral-Muslimin rahimakumullah,
Kita semua mungkin pernah mendengar ungkapan salah seorang pemimpin Yahudi, bahwa mereka tidak akan takut kepada umat Islam kecuali bila umat Islam melakukan satu hal. Yaitu, bila jumlah umat Islam yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid sama dengan jumlah umat Islam yang melaksanakan shalat Jumat berjamaah.

Berkumpulnya tujuh juta umat Islam dari seluruh Indonesia di Aksi Bela Islam 3 pada 2 Desember 2016, hendaknya dijadikan momentum untuk membangun kekuatan dalam rangka meninggikan kalimat Allah, yaitu dengan menggalakkan program wajib shalat lima waktu di masjid-masjid, khususnya shalat subuh secara berjamaah. 

Sungguh benar perkataan seorang mujahid asal Palestina, Muhammad Fathi Farahat, sebelum dirinya mendapat anugrah syahid di usianya yang terbilang muda, yaitu 17 tahun. Kepada kita dia berwasiat:

Wahai saudaraku umat Islam, ketahuilah bahwa shalat shubuh berjamaah adalah rahim yang melahirkan para pejuang dan para pahlawan. Salat subuh adalah tempat peraduan bagi orang-orang yang ikhlas. Melaksanakan shalat shubuh secara berjamaah adalah karakter seorang mujahid, tanda kemenangan, dan sifat orang-orang yang saleh. Sungguh amat banyak kebaikan yang tidak ternilai di waktu subuh hari.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
رَبِّنَا اجْعَلْنَا مُقِيمَ الصَّلَاةَنَا وَمِنْ ذُرِّيَّتَنَا رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و َمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Team : IKADI Kec. Nguter Kab. Sukoharjo


Nibras, Mutif, Rahneem dll

Penelusuran yang terkait dengan sholat subuh
bacaan sholat subuh dari awal sampai akhir
cara sholat subuh tanpa qunut
keajaiban sholat subuh
shalat subuh berapa rakaat
cara sholat subuh sendiri
tata cara sholat subuh dan bacaannya beserta gambarnya
tata cara sholat subuh dan gambarnya
sholat subuh kesiangan
tausiyah pagi islami
tausiyah pagi singkat
tausiyah motivasi hidup
tausiyah jumat pagi
tausiyah harian
tausiyah semangat hidup
tausiyah indahnya berbagi
tausiah pagi hari ini
Penelusuran yang terkait dengan keutamaan sholat subuh
hadits keutamaan shalat subuh
misteri shalat subuh
keutamaan shalat subuh sendiri
keutamaan sholat subuh dan ashar
mukjizat sholat subuh
shalat subuh berjamaah 40 hari tanpa putus
sholat subuh berjamaah selama 40 hari
keutamaan sholat subuh tepat waktu
hadits larangan tidur setelah subuh
bahaya tidur pagi menurut kesehatan
tidur setelah sholat subuh di bulan ramadhan
larangan tidur setelah subuh dan ashar
tidur setelah subuh saat puasa
hukum tidur setelah sholat subuh di bulan ramadhan
tidur setelah ashar
tidur setelah matahari terbit



EmoticonEmoticon