Video : Belajar Tahsin Al Qur'an

Tags

Video : Belajar Tahsin Al Qur'an


Tahsin ( تحسین) adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Hal ini juga umumnya digunakan sebagai nama jang diberikan untuk anak-anak laki-laki di dunia Arab dan Islam. Tahsin dalam islam mengandung makna bahwa tuntutan agar dalam membaca alquran harus benar dan tepat sesuai dengan contohnya demi terjaganya orisinalitas praktik tilawah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Tahsin atau tajwid adalah “mengeluarkan setiap huruf-huruf al Quran dari tempat keluarnya dengan memberikan hak dan mustahaknya.” Atau dengan kata lain menyempurnakan semua hal yang berkaitan dengan kesempurnaan pengucapan huruf-huruf al Quran dari aspek sifat-sifatnya yang senantiasa melekat padanya dan menyempurnakan pengucapan hukum hubungan antara satu huruf dengan yang lainnya seperti idzhar, idgham, ikhfa dan sebagainya.


Dalam video ini dipelajari dan dilatih :

Tiga prinsip dimana bacaan Al Qur'a kita katakan tartil.

A. Konsiten Terhadap Pembacaan Mad dan Gunnah.
  1. Konsisten dalam pembacaan Mad Agar kita konsisten dalam pembacaan mad maka ayun suara kita.
  2. Konsisten dalam pembacaan Gunnah Agar kita konsisten dalam pembacaan Gunnah maka tahan suara dan tidak tergesa-gesa ketika membaca nun, mim dan tanwin yang berwarna (merah dan hijau)
B. Fasih dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah

Untuk melatih pengucapan huruf-huruf hijaiyah dapat mengikuti latihan dalam CD QRQ. Ada dua catatan yang harus diperhatikan ketika melafalkan huruf-huruf hijaiyah.
  1. Semua huruf hijaiyah dilafalkan dengan okal sempurna
  2. Pengucapan huruf sukun tidak boleh memantul, kecuali pada lima huruf Qolqolah.
 C. Menguasai dan Mampu melafalkan ayat-ayat Gharibah secara baik dan benar.

  1. Menguasai pembacaan huruf-huruf muqotho'ah.
  2. Menguasai pembacaan Hamzah washal. Hamzah washal adalah hamzah yang harus dibaca ketika berada diawal kalimah.
  3. Menguasai pembacaan Nun Wiqoyah. Adalah nun yang dibaca dengan harokat kasrah manakala kita menemukan huruf yang berharokat tanwin bertemu dengan hamzah washal.
  4. Ayat sajdah yaitu ayat yang didalamnya terdapat perintah sujud dari Allah Swt. Apabila kita mendengarkan atau membaca ayat-ayat sajdah, disunahkan untuk bersujud terlebih dahulu.
  5. Pembacaan Ayat Saktah. Saktah adalah berhenti sejenak tanpa bernafas selam dua harokat ketika membaca Al Qu'an. Saktah terdapat dalam 4 surah didalam Al Qur'an yaitu Surat Al-Kahfi: 1, Surah Yaasin : 52, Surat Al-Qiyamah : 27, Surah At-Tathfif : 14.
  6. Imalah, adalah membaca huruf yang berharokat fathah dimiringkan ke harokat kasrah. (11:41)
  7. Isyam, adalah menampakan dhomah terbuang dengan isyarat bibir. (12:11)
  8. Tashil, adalah membaca hamzah yang kedua dengan suara ringan. (41:44)
  9. Naql, adalah memindahkan harokat hamzah kedalam huruf sukun sebelumnya. (49:11)
  10. Waqaf wal Ibtida', Waqaf adalah berhenti ketika membaca Al-Qur'an, sementara ibtida' adalah memulai kembali setelah berhenti ketika membaca Al-Qur'an.
D. Video : Ustad Abu Rabbani : Belajar Quran Metoda Quantum Reading Qur'an (QRQ)

Produksi : PT Syaamil Cipta Media bekerjasama dengan LTQ Jendela Hati. Al Qur'an berwarna yang menyertai Video ini dapat anda peroleh ditoko buku terdekat dikota Anda (Bandung, Pasar Buku Palasari)


 









EmoticonEmoticon